Thursday, June 29, 2017

,

Troublemaker - Dhitapuspitan


Judul: Troublemaker
Penulis: Dhitapuspitan
Editor: Gita Romadhona dan Adhista
Desain sampul: Deff Lesmawan dan Milfaa Saadah
Penerbit: KataDepan



Blurb:


Bagi Derin, jatuh cinta nggak segampang meng-capture gambar lewat kamera. Tidak juga selalu manis dan renyah seperti potongan cheese cake yang selalu dia suka. Cinta ternyata tidak selalu menyenangkan seperti dalam kisah-kisah yang diceritakan.


Sejak bertemu Arka—cowok yang so damn cool kalau lagi unjuk trik di atas skateboard—Derin merasa waktu berjalan terlalu cepat saat mereka sedang bersama. Rasanya, tiap saat pengin dia habiskan bareng Arka, meski itu sekadar duduk mengobrol saja.


Namun, setelah mereka dekat, Derin mulai merasa ada yang janggal. Arka terlalu tahu tentang dirinya. Segalanya. Termasuk masa lalu yang ingin dilupakan Derin. Apa motif Arka sebenarnya? Apakah Derin harus menyiapkan diri untuk kecewa?


Saat jatuh cinta, Derin tahu harus bersiap akan segala kemungkinan. Termasuk, harapan yang kadang nggak sesuai kenyataan.

Troublemaker bercerita tentang Derin si troublemaker (yaiya...) yang suatu hari ribut sama Alessa--musuhnya--dan kemudian dia diskors selama tiga hari.




Nah, gara-gara si Derin enggak mau orangtuanya tahu dia diskors, akhirnya selama tiga hari itu, dia tetep berangkat 'sekolah'. Maksudnya, dia pakai seragam dll, tapi enggak ke sekolah.

Di hari pertama, Derin memutuskan untuk pergi ke mal. Nah di mal, dia malah ketemu sama cowok dari sekolah lain yang namanya Arka. Nah, sama Arka ini, entah kenapa Derin ngerasa nyambung banget. Udah gitu, Arka ceritanya ganteng.

"Cakep.

Ganteng.

Cakep, ganteng apa bedanya, ya, enggak deskriptif banget sih, gue."

Belum lagi, tiba-tiba Arka nawarin buat nemenin Derin selama tiga hari dia diskors itu. Jadi Arka bakal bela-belain bolos buat Derin.




Tapi setelah lama-lama deket sama Arka, Derin ngerasa ada yang aneh. Soalnya ternyata, si Arka ini kenal sama mantan sahabatnya, mantan pacarnya, dll, dll. Pokoknya mencurigakan gitu.

Nah, siapakah sebenarnya Arka?

Silakan baca sendiri! : D.

Sekarang, ayo bahas bukunya!




Saya awalnya enggak berniat buat beli buku ini. Tapi setelah saya pikir-pikir dan saya lihat di toko buku, saya putusin buat beli karena emang dulu saya pernah baca versi Wattpad-nya. Waktu itu saya bacanya belum sampai selesai, dan saya juga udah agak-agak lupa sama ceritanya. Jadi, saya beli, deh. Hehe.

Pas pertama kali baca, saya harus adaptasi dulu (?) karena enggak kebiasa baca cerita pakai narasi 'gue'. Tapi lama-lama biasa aja, kok. 

Yang saya suka dari novel ini adalah, kadang narasinya lucu, haha. (Iya, saya emang receh abis.)

"Mata gue menerawang jauh ke arah tengah danau. Airnya yang kehijauan tampak tenang, seolah ngasih tahu kalau danau itu cukup dalam. Ya iyalah, apa sih, gue."

Dan sebenarnya, saya suka awal-awal ceritanya, pas kita masih bertanya-tanya siapakah Arka. Tapi pas terkuak semuanya (ea), saya ngerasa kayak.... yah, gini doang?

Maksudnya, saya ngerasa sayang banget gitu. Awalnya udah cukup menarik, tapi ternyata cuma gitu aja. Padahal di bayangan saya Arka itu ternyata siapa gitu... kayak orang dari masa lalu? Dari masa depan? /yha/.

Ya, seenggaknya, saya pikir, Arka ada hubungannya gitu sama Derin, makanya pas pertama kali ketemu, mereka langsung nyambung. Ternyata enggak.

Terus ada beberapa hal yang saya sayangkan lagi. Kayak misalnya:

katanya guru biologi namanya Bu Salma

abis itu katanya Bu Anjar, padahal masih dalam satu tahun ajaran. Maksud saya, biasanya sih, kalau pelajaran-pelajaran kayak Biologi (bukan kayak Matematika yang ada 2 buat peminatan IPA) itu harusnya gurunya satu aja, nanti kan malah materinya kecampur-campur kalau ada dua guru.

Atau mungkin aja Bu Anjar/Bu Salma itu salah satunya pengganti. Tapi yah.... enggak tahu juga wkkw.

Terus ada:

ini setelah apa, ya? Hehe


Dan ada beberapa typo yang masih wajar, sih. Kayak:


tiba-tiba ada kata ganti 'ku' padahal biasanya pakai 'gue' wkwk

ini mungkin maksudnya 'masih'?


*Arka


wayolo, siapa tuh Deri.


Arka, apa kamu.... selingkuh?




Haha, gadeng, itu maksudnya Derin.

Dan ada beberapa typo lagi yang saya enggak masukkin di sini, karena sebenarnya sepele, sih. Bisa diperbaiki di cetakan berikutnya. : D.

Oke, mungkin segitu aja kali, ya. Saya sebenarnya mau kasih 3 bintang, tapi karena teringat misteri yang sebenarnya agak tidak sesuai ekspektasi saya, jadi saya kasih 2.5 bintang deh.

2.5 bintang buat latte yang sering dipesen Derin : D.



3 comments:

  1. Sebagai sesama anak IPA aku tau banget An kalo guru matematika itu ada 2, matematika dan matematika peminatan. Belajarnya bikin muak, untung sekarang udah enggak hehe. Ngomongin masalah nama gurunya, aku punya satu hipotesa lagi. Siapa tau aja nama gurunya Salma Anjar😂. Btw kita samaan ya kalo baca novel, jadi reviewer ngerangkap editor. Typo aja diperhatiin. Dan aku bingung gimana mau nampakin typo2 itu di reviewku. Soalnya kadang banyak banget, bikin capek kalo aku nulis satu2. Nandainnya jg, post it aku bisa abis cuma buat nandain typo doang😑 mungkin aku bisa coba cara kamu buat ngegarisin aja, tapi sayang novelnya jadi kecoret*halah maunya apa sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wii iyaa hehe, kalau aku sih itu ngegarisinnya diedit pakai aplikasi, bukan digaris langsung di novelnya hehe

      Delete
  2. Ooh aku pikir kamu ngegarisin langsung loh. Repot jg sih ya, ngedit2 lagi. Sama repotnya dengan ngetik kembali kalimat yg typo

    ReplyDelete